Skip to main content

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha berserta Manfaatnya

Tata metode sholat dhuha sesungguhnya sama semacam shalat sunnah lain pada biasanya. Perbandingan tata metode sholat dhuha dari shalat sunnah yang lain terletak pada teks Niat, doa, serta waktunya. Umat Islam lumayan akrab dengan amalan sunah sholat dhuha. Ini merupakan salah satu sholat sunnah yang istimewa. tata cara sholat dhuha dan manfaatnya   Sholat dhuha ialah amalan yang sangat diajarkan. Penyebabnya, ada sebagian keutamaan dalam sholat ini. Banyak sekali dalil dalam Hadis yang menampilkan keutamaan dari sholat dhuha. Salah satunya ialah fasilitas buat meminta ampunan dosa. Hadis riwayat At Tirmidzi serta Ibnu Majah mengatakan kalau," Siapa yang menyesuikan( melindungi) sholat dhuha, dosanya hendak diampuni walaupun sebanyak buih di lautan." Bermacam Keutamaan Sholat Dhuha Yang Butuh Diketahui 1. Ialah Pesan Rasulullah Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘ anhu yang mengatakan," Kekasihku( Rasulullah shallallahu‘ alaihi wasallam) membagikan

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Sesuai Sunah Rosul

Sholat Sunnah Tahajud - Sebagai seorang muslim yang beriman pastilah kita wajib melaksanakan sholat 5 Waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isha akan tetapi sering kali kita lalai untuk menjalankan sholat sunnah yang dapat kita teladani dari baginda rasullulah Nabi Muhammad SAW.

Apa Itu Sholat Sunnah ?

 
Sholah sunnah adalah semua sholat yang dilakukan selain sholat wajib 5 waktu, untuk memohon diberikan perlindungan, dibukakan pintu rejeki, dikabulkan do'a, meminta petunjuk dan lain sebagainya. dari semua sholat sunnah kali ini kita akan membahas mengenai sholat malam atau disebut sholat tahajud. Kita akan mengulas tentang niat sholat sunnah tahajud, tata cara sholat tahajjud, keutamaan sholat tahajud dan manfaat sholat tahjud untuk orang islam.

Kapan Waktu dilaksanakan Sholat sunnah tahajud?
 
Sholat sunnah tahajud atau sholat lail dilaksanakan pada waktu sepertiga malam dan dilaksanakan setelah bangun dari tidur dimalam hari. tetapi ada beberapa pendapat bahwa sholat tahajud boleh dilaksanakan tanpa harus tidur dahulu.

Dalil atau anjuran untuk sholat sunnah tahajud


Bacaan surah As Sajdah ayat 16-17 latin

“Tatajaafa junuubuhum ‘anil madhaaji’i yad’uuna rabbahum khaufan wathama’an wamimmaa razaqnaahum yunfiquun.” (ayat 16).

“Falaa ta’lamu nafsun maa ukhfiya lahum min qurrati a’yunin jazaa-an bimaa kaanuu ya’maluun.” (ayat 17).

Terjemahan arti As Sajdah ayat 16-17

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16).

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (ayat 17).



Bagaimanakah bacaan niat sholat tahajud?

bacaan niat sholat tahajud dalam bahasa Arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

bacaan niat sholat tahajud dalam bahasa latin

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

terjemahan dari niat sholat tahajud
“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Berapakah Jumlah rakaat sholat sunnah tahajud?

Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Waktu Terbaik sholat sunnah tahajud?


1. Sepertiga malam pertama

Sholat tahajud dapat dilakukan pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu sepertiga malam pertama adalah setelah sholat Isya sampai dengan pukul 10.30. Diusahakan sholat tahajud dilakukan setelah bangun tidur walau hanya sebentar.
2. Sepertiga malam kedua

Sholat tahajud dapat dilakukan di waktu seperiga malam kedua. Sholat tahajud di sepertiga malam kedua adalah antara pukul 10.30 hingga 01.30.
3. Sepertiga malam ketiga

Menurut beberapa ulama waktu sepertiga malam yang ketiga adalah waktu yang paling utama ketika mengerjakan sholat tahajud. Waktu sepertiga malam terakhir ini antara antara pukul 01.30 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Bagaimanakah Tata cara sholat tahajud?

Rakaat Pertama :

    Mengucapkan Niat Sholat Tahajud
    Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
    Membaca Doa Iftitah
    Membaca Surat Al Fatihah
    Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
    Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
    Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
    Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
    Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
    Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
    Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

Rakaat Kedua :

    Membaca Surat Al Fatihah
    Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
    Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
    Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
    Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
    Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
    Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
    Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
    Gerakan salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.

Bacaan doa sholat tahajud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud disunahkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud lengkap berikut ini.

Bacaan doa setelah sholat tahajud latin

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

 
Terjemahan Arti Bacaan doa setelah sholat tahajud

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bacaan Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud lainnya yang bisa di amalkan antara lain:

    Membaca Doa atau Dzikir Istighfar
    Membaca Doa atau Dzikir Tasbih (Subhanallah)
    Membaca Doa atau Dzikir Tahmid ( Alhamdulillah)
    Membaca Doa atau Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
    Membaca Doa atau Dzikir Laa ilaaha illallah
    Membaca Doa atau Dzikir Sholawat Nabi Muhammad
    Membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas
    Ditutup sebagai Doa akhir adalah membaca Surat Al Fatihah

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Do'a Tahiyat Akhir Versi Nahdatul Ulama (NU)

Tahiyat akhir atau juga disebut Tasyahud Akhir adalah gerakan shalat yang dilakukan setiap dua rakaat setelah sujud yang kedua. Apakah posisi tahiyat anda sudah benar? berikut ini kami berikan contoh posisi duduk tahiyat akhir yang benar. Jika sudah benar lalu bagaimana bacaaan tahiyat ini. Berikut bacaan tahiyat yang benar : Tahiyat Awal : AT'TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU'ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU'ALAINA WA'ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH.  ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD. Artinya : Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku ber

Tata Cara Sholat Sunnah Rawatib dan Bacaan Shalat Sunnah Rawatib / Sholat Qobliah dan Sholat Ba'diyah

Apa itu Sholat Sunnah Rawatib / Sholat Qobliah dan Sholat Ba'diyah ? Shalat sunnah rawatib dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu dikerjakan sebelum shalat fardhu disebut dengan shalat sunnah Qobliyah. Sedangkan yang dikerjakan setelah shalat fardhu disebut dengan shalat sunnah Ba'diyah. Sebelum kita membahas tata cara dan bacaan Sholat Qobliah dan Sholat Ba'diyah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah keutamaan sholat rawatib atau keutamaan Sholat Qobliah dan Sholat Ba'diyah. Sesungguhnya diantara hikmah dan rahmat Allah atas hambanya adalah disyariatkannya At-tathowwu’ (ibadah tambahan). Dan sesungguhnya ibadah sunnah di dalam ibadah sholat yang paling utama adalah sunnah rawatib. ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang sholat sunnah rawatib sebelum (qobliyah) shubuh, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Dua rakaat sebelum shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya“. Dalam riwayat yang lain, “Dua ra

Rayakan Natal Al Ghazali Peluk Cium Sang Pacar

Aksi Peluk Cium Al Ghazali untuk Sang Pacar Momen libur natal biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang. Seperti halnya yang dilakukan oleh anak sulung mantan pasangan Maia Estianty - Ahmad Dhani, Al Ghazali. Setelah LDR antara Jakarta dan Paris, selama berbulan-bulan, Al Ghazali akhirnya bisa kembali bertemu dengan sang kekasih, Alyssa Daguise di momen Natal. Hal tersebut terlihat di Instagram pribadi Alyssa, Senin (25/12/2017). Dalam sebuah foto, pasangan muda-mudi itu tampak berpose di depan sebuah pohon Natal dengan mengenakan pakaian bernuansa merah. "So happy to be back. Merry christmast (Sangat senang sudah kembali. Selamat Natal)," tulis Alyssa Daguise dalam keterangan foto. Al Ghazali dan Alyssa Daguise mesra di depan menara Eiffel. (Instagram/alyssadaguise) BACA JUGA Kangen Berat, Kekasih Ungkap Cinta pada Al Ghazali dari Jauh Foto Bareng Pria Ini, Bibir Al Ghazali Bikin Salah Fokus Nge-DJ Bareng Al Ghazali,